Universitas Ahmad Dahlan (UAD)- Jurusan, Cara Daftar

Sejarah UAD

Di tahun 1966 FKIP Muhammadiyah memperoleh status paling tinggi untuk perguruan tinggi swasta yakni status “dipersamakan” untuk jurusan Ilmu Mendidik dengan Surat Keputusan Deputi Menteri Perguruan Tinggi Nomor: 50 tahun 1966. Dengan diterimanya status “dipersamakan” itu karena itu terhitung awal tahun 1966 FKIP Muhammadiyah buka progam pendidikan Doktoral. Untuk sesuaikan perubahan warga, terutama kehidupan Perguruan Tinggi, di tahun 1972 FKIP Muhammadiyah ditukar namanya jadi IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Pembimbingan dan pengendalian untuk meningkatkan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta selalu diupayakan makin bertambah.

Di tahun 1976 dibikin Rencana Induk Peningkatan (RIP) IKIP Muhammadiyah Yogyakarta untuk periode waktu 1976-1983. Awal tahun 1978 dibuka jalur-jurusan baru. Universitas Ahmad Dahlan Pembukaan dan peningkatan jurusan dan fakultas-fakultas baru berjalan seperti berikut. Dari Laporan Studi Kelayakan yang disodorkan ke Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi nama Muhammadiyah diusulkan untuk ditukar, karena menurut Dirjen, pada sebuah kota cuma bisa saja mempunyai satu universitas yang memiliki nama sama serta merekomendasikan untuk merjer dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lewat beragam lobi dan negosiasi oleh dan ke beragam faksi pada akhirnya di tanggal 19 Desember 1994 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102/D/0/1994 diputuskan jika IKIP Muhammadiyah Yogyakarta jadi Universitas Ahmad Dahlan.

Pendaftaran Langsung

Pendaftaran secara langsung bisa dilaksanakan tata langkah seperti berikut :

1. Datang di tempat pendaftaran
2. Diskusi ke petugas di Loket Kosultasi.
3. Isi formulir pendaftaran di Anjungan Komputer yang sudah disiapkan.
4. Cetak/menulis no Formulir Pendaftaran.
5. Bayar uang pendaftaran pada bagian keuangan atau Bank yang berada di Kampus 1.
6. Menyerahkan berkas pendaftaran di Loket Verifikasi untuk diverifikasi petugas.
7. Terima :

a. Kartu Test Untuk Calon mahasiswa Lajur Test Tulis, atau
b. Kartu Bukti Diterima Untuk Calon mahasiswa Lajur BTT, atau
c. Kartu Bukti Penyerahan Berkas Untuk Calon mahasiswa Lajur PSB, atau
d. Kartu Test Untuk Calon mahasiswa Lajur Swadana

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online bisa dilaksanakan tata langkah seperti berikut :

  • Isi formulir pendaftaran secara betul (PMB Online UAD). “Saat sebelum isi formulir online silahkan ketahui dahulu info dalam buku petunjuk PMB dan ikutinya proses pendaftaran online yang berada di web.”
  • Menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan sama sesuai syarat Lajur pendaftaran PMB.
  • Bayar ongkos pendaftaran sama sesuai ketetapan, lewat Bank BRI/BPD DIY/ Bank di Kampus dengan mekanisme online dengan memperlihatkan bukti pendaftaran online.
  • Pendaftaran akan diolah dan diverifikasi sesudah dokumen berkas persyaratan pendaftaran diterima oleh Panitia PMB.
  • Panitia PMB tidak bertanggung jawab atas kehilangan dokumen atau beberapa biaya sepanjang proses pengangkutannya.
  • Untuk pendaftaran lewat Online, tanggal kehadiran dokumen di Panitia PMB akan tentukan kelompok gelombang dan tahapan pendaftaran. Untuk gelombang III, batasan akhir akseptasi dokumen ialah sama dalam tabel agenda.
  • Informasi bisa ditanya ke panitia lewat hotline PMB atau disaksikan di web PMB Online UAD dalam menu “Hasil Penyeleksian” atau di Kampus 1 UAD Jalan Kapas 9 Yogyakarta.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Jurusan UAD dan Akreditas

  • Agama Islam

Fakultas ini menaungi empat jurusan di Universitas Ahmad Dahlan pada Program Sarjana. Kelima prodi Universitas Ahmad Dahlan tersebut adalah sebagai berikut.

Pendidikan Agama Islam (A)

Bahasa dan Sastra Arab (A)

Perbankan Syariah (B)

Ilmu Hadist (A)

  • Psikologi

Program studi Universitas Ahmad Dahlan pada fakultas ini hanya ada satu, yakni Psikologi. Jurusan di UAD ini terakreditasi A oleh BAN-PT.

  • Ekonomi dan Bisnis

Ada empat jurusan Universitas Ahmad Dahlan di FEB, satu diantaranya merupakan Program Sarjana Terapan. Berikut selengkapnya keempat jurusan di Universitas Ahmad Dahlan yang dimaksud, dimulai dengan Program Sarjana Terapan.

Bisnis Jasa Makanan (B)

Manajemen (A)

Ekonomi Pembangunan (B)

Akuntansi (B)

  • Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Karena berkembang dari IKIP, tak heran bila FKIP menaungi prodi Universitas Ahmad Dahlan yang cukup banyak. Ada 11 program studi Universitas Ahmad Dahlan di fakultas ini yang bisa kamu pilih, Sobat. Ini dia, daftar selengkapnya.

Bimbingan dan Konseling (A)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Fisika (A)

Pendidikan Biologi (A)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (A)

Pendidikan Guru PAUD (B)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (A)

Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (Baik)

Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (Baik)

  • Hukum

Fakultas ini menaungi satu jurusan di UAD, yaitu Ilmu Hukum. Akreditasi jurusan Universitas Ahmad Dahlan ini sekarang adalah A.

  • Sastra, Budaya, dan Komunikasi

UAD punya fakultas yang beda dari kampus-kampus lain nih, Sobat. Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi menaungi tiga jurusan di Universitas Ahmad Dahlan. Ketiga prodi Universitas Ahmad Dahlan tersebut adalah sebagai berikut.

Sastra Inggris (A)

Sastra Indonesia (A)

Ilmu Komunikasi (Baik Sekali)

  • Sains dan Teknologi Terapan

Kamu punya empat pilihan program studi Universitas Ahmad Dahlan di Fakultas Sains dan Teknologi Terapan. Apa saja pilihan jurusan di UAD tersebut? Ini dia, Sobat Pintar.

Fisika (A)

Biologi (A)

Matematika (B)

Sistem Informasi (B)