Informasi dan Daftar Kampus Terbuka 2023

Biaya pendidikan ialah biaya yang dikenai ke mahasiswa untuk mendaftar ke universitas terbuka penyelenggaraan dan pembimbingan pendidikan dan service administrasi akademis. Biaya pendidikan terbagi dalam uang kuliah dan ongkos service akademis yang lain. Uang kuliah UT bergantung dari pola service yang diputuskan oleh mahasiswa yakni pola service mekanisme paket semester (SIPAS) atau pola Non-SIPAS (per sks). Pembayaran biaya pendidikan dilaksanakan lewat Bank BTN, BRI, Berdikari, BNI, atau group Alfa.

Lihat Juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis

Cara Daftar Kampus Terbuka

UT mempunyai 4 Fakultas, yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Tehnologi (FST) awalnya namanya Fakultas Sains dan Tehnologi (FST), Fakultas Keguruan dan Pengetahuan Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana.

UT mengadakan 39 program study yang terbagi dalam 31 Program Sarjana, 2 Program Diploma, dan 6 Program Magister.

Sesudah tentukan program study yang diharapkan, mahasiswa akan pilih mata kuliah yang hendak dilakukan pada tiap semester.

UT mempunyai mekanisme SIPAS, yakni mekanisme pemaketan mata kuliah yang direncanakan untuk menolong mahasiswa dalam tentukan mata kuliah yang hendak diregisterkan dan terpadu dengan pengadaan bahan ajar.

Dan Non-SIPAS ialah mekanisme ambil mata kuliah secara unit tanpa meng ikuti ketentuan pemaketan mata kuliah dan tidak terpadu dalam pengadaan bahan ajar.
Pencapaian bahan ajar versus bikin program Non-SIPAS dilaksanakan dengan berdikari dengan beli dengan online lewat Toko Buku Online (TBO) dan versus digital pada Toko Buku Digital UT atau lakukan pemesanan di saat register online.

  • Cara Register

UT berlakukan 2 (dua) tipe register, yakni (1) registrasi mahasiswa baru/register pertama dan, (2) register mata kuliah.

Registrasi mahasiswa baru/register pertama sebagai pendataan data personal (DP) mahasiswa dan mata kuliah yang diambil pada semester pertama.

Pendataan DP cuma dilaksanakan 1x sepanjang jadi mahasiswa UT.

Seterusnya mahasiswa wajib melakukan register mata kuliah yang diambilnya pada setiap semester selanjutnya.

  •  Waktu Register

Registrasi mahasiswa baru dan register matakuliah dilaksanakan tiap semester sama sesuai kalender akademis tahun jalan.

Kalender akademis bisa dijangkau pada situs UT (http://www.ut.ac.id) atau didapat dari UPBJJ-UT di tempat.

Mahasiswa disarankan untuk lakukan register dan beli bahan ajar di awal saat register supaya memiliki cukup waktu untuk belajar.

Mahasiswa yang lakukan register mata kuliah akan terima Helai Info Pembayaran Register (LIP-R) dari UPBJJ-UT untuk bayar uang kuliah.

Batasan akhir penerbitan LIP-R dan batasan akhir pembayaran uang kuliah tertera pada kalender akademis tahun jalan.

Mahasiswa dianjurkan untuk lakukan register pada periode awalnya register, jauh saat sebelum batasan waktu register usai.

Demikian cara dan tahapan registrasi ke Universitas Terbuka.  Semoga Berhasil.