6 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Mendekati ujian, umumnya pelajar SMA atau SMK mulai mencari universitas tempat mereka meneruskan pendidikan yang semakin lebih tinggi. Sayang, pilih universitas tidak segampang yang dipikirkan. Selainnya cari kampus yang berkualitas, memiliki jurusan yang diharapkan, universitas yang diputuskan harus juga sama sesuai bujet yang dipunyai. Untuk pelajar dari kelompok keluarga menengah ke atas, biaya kuliah kemungkinan tidak bisa menjadi beban untuk orang tuanya.

Tetapi, untuk pelajar dari keluarga simpel, biaya kuliah akan berasa mahal bila tidak pintar pilih kampus dengan biaya dapat dijangkau. Tidak bingung, bila tidak semua pelajar yang telah lulus SMA dapat meneruskan ke tingkatan yang semakin lebih tinggi karena masalah biaya. Walau demikian, mimpimu untuk dapat kuliah dengan gratis belum bermakna berhenti demikian saja karena masalah biaya. Masih tetap ada langkah lain agar kamu dapat mendapatkan pendidikan di universitas sasaran. Salah satunya cara itu yaitu dengan cari beasiswa. Dengan beasiswa ini, kamu tidak perlu pusing masalah biaya karena biaya kuliah telah dijamin oleh pemberi beasiswa.

Langkah Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

  • Ketahui beberapa jenis beasiswa

Ada banyak instansi yang umumnya sediakan beasiswa, dimulai dari pemerintahan, perusahaan, sampai lembaga-lembaga pendidikan. Secara umum, beasiswa memiliki banyak tipe, dimulai dari beasiswa pemerintah seperti Kartu Indonesia Pandai (KIP Kuliah) dan Bidikmisi. Ada pula beasiswa privat scholarship seperti beasiswa Sampoerna. Disamping itu, umumnya universitas swasta banyak juga tawarkan beasiswa untuk mahasiswa baru. Maka dari itu, kamu harus ketahui semua tipe beasiswa terutama yang terkait dengan program study yang kamu harapkan.

  • Berprestasi akademik

Prestasi akademik adalah modal penting supaya kamu dapat kuliah dengan beasiswa S1 di luar negeri. Hal itu bisa dibuktikan dari beberapa penyuplai beasiswa S1 luar negeri yang jadikan prestasi akademik sebagai salah satunya syarat. Maka dari itu, siapkan diri kamu memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi sedini mungkin. Ditambah, jika kamu sekarang ini masih tetap termasuk kelas 1 SMA. Prestasi akademik sendiri dapat kamu peroleh dengan 2 langkah, yakni selalu memperoleh nilai tinggi di kelas atau memenangkan perlombaan akademik seperti meng ikuti lomba akademik, pintar jeli, atau bahkan juga olimpiade.

Baca Juga : Pentingnya Tes Minat Bakat Untuk Menentukan Jurusan Kuliah

  • Pelajari bahasa asing

Bila ingin kuliah di luar negeri, automatis kamu harus belajar bahasa asing, intinya bahasa Inggris. Disamping itu, umumnya pada proses penyeleksian beasiswa, kamu diwajibkan untuk menyertakan dokumen seperti nilai TOEFL dan IELTS. Nach, untuk mempersiapkan diri, kamu dapat meng ikuti program les khusus. Pelajari bagaimanakah cara kerjakan TOEFL dan IELTS secara baik agar nilaimu menembus syarat mengajukan beasiswa S1 di luar negeri. Rerata nilai yang diwajibkan supaya bisa lolos penyeleksian beasiswa ialah di atas 550 untuk TOEFL dan di atas 6,5 untuk IELTS.

  • Memiliki tekad yang kuat

Langkah memperoleh beasiswa yang pertama ialah memiliki tekad yang kuat. Dapat disebut ini ialah modal paling dasar yang perlu dipunyai semuanya orang bila ingin raih mimpi mereka. Berikan pada diri jika kamu sanggup memperoleh apakah yang kamu harapkan. Jangan sampai sangsi meskipun cuma sedikit. Semua kemauan akan diwujudkan dengan support motivasi yang lebih tinggi. Kamu harus siap dengan semuanya yang ditetapkan, jangan putus asa kerjakan apakah yang dapat kamu kerjakan untuk dapat raih mimpi itu. Bila kamu telah memiliki tekad yang kuat pada diri, karena itu kemungkinan kamu akan lewat test secara nyaman serta lebih siap.

  • Hubungi lembaganya langsung

Sesudah temukan instansi beasiswa yang pas untukmu, sekarang waktunya untuk menghubunginya langsung. “Memang, bisa untuk mengontak instansi beasiswanya langsung?” Sudah pasti bisa. Karena, instansi beasiswa akan suka hati memberikan info padamu berkaitan beasiswa yang ada. Di zaman digital ini, kemungkinan kamu dapat menyaksikan web atau media sosialnya lebih dulu. Bila ada contact yang dapat dikontak seperti e-mail, tidak boleh sangsi untuk memberikan email ke mereka. Dengan menghubunginya langsung, kamu akan memperoleh info selengkapnya, dimulai dari syaratnya, dokumen apa yang harus disiapkan, sampai batasan akhir registrasi.Mempersiapkan diri untuk wawancara beasiswa, Langkah memperoleh beasiswa kuliah gratis yang paling akhir, yakni dengan mempersiapkan diri tingkatan proses interviu. Tingkatan ini terbilang sangatlah penting menjadi pemasti apa kamu pantas atau mungkin tidak mendapatkan beasiswa itu.

  • Mengajukan Beasiswa

Sesudah penuhi syarat yang diberi lembaga pemberi beasiswa, setelah itu mengajukan program beasiswa. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti ijazah, transkrip nilai, ikhtisar atau CV, pas-foto, surat info sehat, surat tingkah laku baik dari kepolisian, dan dokumen simpatisan yang lain.