Pentingnya Tes Minat Bakat Untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Test ketertarikan minat bakat jalur kuliah menjadi satu diantara test yang terbanyak dicari. Banyak yang tidak paham, jika ada test yang bisa dipakai untuk ketahui ketertarikan minat bakat. Tetapi harus diingat jika pemakaian test psikologi harus dengan pakarnya. Ini supaya interpretasi hasil test sesuai keadaan yang sebetulnya. Sekarang ini, seorang pakar psikologi di Indonesia disebutkan psikiater.

Baca Juga : Informasi Seleksi Mengikuti Beasiswa LPDP

Hingga jika ingin ketahui ketertarikan minat bakat lebih detil, perlu berkunjung psikiater. Maksudnya untuk lakukan asesmen personalitas dan mengenal talenta dalam tentukan jalur kuliah. Dengan beragam pengenalan alat test talenta sebagai rekomendasi saat Anda datang ke psikiater.

Salah satunya alat test untuk bakat dan minat dengan ketepatan tinggi yakni 97% ialah Career Direct Assessment. Penilaian psikologi itu telah diperkembangkan di Amerika di tahun 1997, dan digunakan banyak negara di penjuru dunia. Assessment itu menolong seorang menyaksikan empat faktor penting yakni:

  1. Kepribadian
  2. Ketertarikan belajar dan berkarir
  3. Bakat dan keterampilan
  4. Values

Pentingkah Menyesuaikan Jurusan Dengan Passion?

Kalau curhat mengenai memilih jurusan, pasti banyak yang bilang “pilih yang sesuai passion.” Apakah benar? Memangnya harus ya pilih jurusan yang sesuai dengan minat bakat atau passion?

Jawabnya ya dan tidak. Ya, karena kamu akan habiskan 4 tahun pelajari suatu hal.sebuah hal. Bila kamu belajar tentang yang kamu gemari, tentu saja 4 tahun itu tidak kebuang dengan percuma. Kamu semakin lebih tertarik dan semangat saat belajar bila belajar tentang yang dicintai. Tidak, karena di dunia sekarang ini, kita semuanya wajib berpikiran dengan realitas. Belum pasti passionmu dapat memberikan kamu karier yang terbaik di periode depan. Tidak ada jawaban tentu apa nasihat “follow your passions” sebagai nasihat yang pas untuk diberikan ke mahasiswa. Apa lagi, spirit mahasiswa condong berbeda dan belum pasti mahasiswa mempunyai hal yang dicintai.

Manfaat Tes Minat dan Bakat

Dengan mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, calon mahasiswa lebih tahu secara detail potensi apa yang dimiliki, mulai dari kelebihan dan kekurangan, baik dalam segi akademis atau kepribadian. Tes minat dan bakat membuat siswa dapat diarahkan supaya tahu apa minat dan bakat yang sering dikenal sebagai sweet spot.

Siswa bisa tahu jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat. Tes minat dan bakat adalah hal penting karena bisa membantu siswa mengetahui dan yakin memilih jurusan kuliah, sehingga bisa meminimalisir siswa yang merasa salah jurusan bangku kuliah. Tes ini tentunya juga berlaku untuk siswa yang memiliki rencana kuliah ke luar negeri.

Saat masih kecil, minat dan bakat bisa diketahui melalui observasi orangtua pada berbagai hal yang disukai anaknya. Sedangkan saat usia remaja, dengan mengembangkan minat dan ketertarikan pada berbagai bidang, tidak akan mudah menentukan mana minat yang paling besar diantara semua bidang tersebut.

Dengan mencari tahu minat dan bakat, maka dapat mengantisipasi keputusan kedepannya. Minat dan bakat adalah fondasi dasar dalam menentukan pilihan jurusan kuliah yang cocok. Studi menunjukkan jika total pengangguran Indonesia, 87% disebabkan mahasiswa salah pilih jurusan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat saat melakukan tes minat dan bakat, di antaranya:

  1. Calon mahasiswa mengetahui potensi pribadi
  2. Calon mahasiswa bisa mengetahui minat dan bakat yang dimiliki
  3. Calon mahasiswa mengetahui potensi bisa terarah
  4. Meminimalisir calon mahasiswa salah ambil jurusan kuliah
  5. Calon mahasiswa bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam diri

Tips mengikuti tes minat bakat psikologi

Setelah kita mengetahui cara tes minat bakat psikologi dan isi tesnya, langkah kita selanjutnya adalah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti tes tersebut.
1. Berikan jawaban yang jujur yang sesuai dengan keadaan diri sendiri.
2. Berkonsentrasilah pada ujian yang ada dan hindarilah sumber gangguan.
3. Jangan terlalu memikirkan jawaban yang akan Anda berikan. Jawab saja tes sesuai dengan naluri Anda.
4. Berlatih tes terlebih dahulu untuk mempersiapkan ujian.
5. Berikan perhatian khusus pada tes minat. Identifikasi bidang yang Anda minati dan bakat Anda.
6. Jangan terlalu khawatir tentang hasil tes.
Terkadang hasil tes tidak 100% akurat, namun dengan mengikuti tes ini anda dapat menemukan minat dan bakat yang sesuai. Semoga artikel mengenai cara tes minat bakat psikologi ini dapat membantu Anda menentukan pilihan jurusan perkuliahan yang tepat.