Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah untuk Mahasiswa

Surat izin tidak masuk kuliah merupakan salah satu surat resmi yang harus dibuat apabila tidak bisa mengikuti jam perkuliahan. Maksud dan tujuannya sendiri adalah untuk meminta izin kepada pihak kampus terkait beberapa kepentingan yang harus diikuti. Bahkan sudah terdapat banyak contoh surat izin tidak masuk kuliah yang bisa dijadikan acuan oleh mahasiswa yang kebetulan ingin membuatnya. Tentunya surat izin tidak masuk kuliah ini sangat penting karena banyak dosen yang menggunakan absensi sebagai pertimbangan nilai.

Baca juga : Daftar PTN Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Jika seorang mahasiswa tidak masuk selama 2 atau 3 hari maka ada baiknya mengirimkan surat izin tidak masuk kuliah kepada dosen yang bersangkutan atau pihak kampus. Hal tersebut dilakukan supaya tidak dikenakan sanksi yang diberlakukan sebuah kampus.
Dalam menulis surat izin tidak masuk kuliah merupakan hal yang tidak cukup sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut ini adalah struktur surat izin tidak masuk kuliah yang dilansir dari buku BAHASA INDONESIA :
  • Nama dan Alamat Tujuan
Pada bagian ini, dimuat informasi tentang kepada siapa surat ini ditujukan beserta alamat lengkapnya.
  • Salam Pembuka
Bagian ini memuat ucapan salam dan penghormatan agar terlihat lebih sopan dan santun
  • Identitas Diri
Bagian surat ini diisi dengan identitas diri mahasiswa yang akan mengajukan izin tidak masuk kuliah mulai dari nama, NIM (Nomor Induk Mahasiswa), prodi, dan kelas secara lengkap dan jelas
  • Isi Surat
Tuliskan tujuan utama dari surat ini yaitu permohonan meminta izin tidak masuk kuliah dengan alasan tertentu
  • Penutup
Pada bagian penutup berisi tentang ucapan terima kasih kepada pihak terkait atas izin yang diberikan, kemudian ucapan salam.
  • Tanda Tangan dan Nama Terang
Seperti pada umumnya di akhir surat cantumkan tanda tangan dan nama terang pengirim.

3 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Setelah memahami struktur dari surat izin tidak masuk kuliah di atas, agar lebih jelas, mari simak contoh surat izin mahasiswa di bawah ini:

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah 1

Surabaya, 10 April 2023

Yth. Ibu Suliasti Mirna, M.Pd.

di Universitas Semarang

Jalan Jayawijaya No 169

Semarang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Melaini

NIM : 01.999.898.001

Program Studi : Ilmu Komunikasi

Dengan ini memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Bahasa Inggris yang Ibu ajarkan pada Jumat, 11 April 2023 lalu karena sakit. Terlampir surat keterangan hasil pemeriksaan dokter.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Melaini

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah 2

Salatiga, 10 April 2023

Hal : Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kuliah

Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengantar Hukum

Fakultas Teknik Hukum Atmajaya

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini mahasiswa/i Ilmu Hukum Universitas Atmajaya:

Nama : Melaini Paopao

NIM : 01020116

Prodi : Ilmu Hukum

No. HP : 081345637823

Ingin meminta izin untuk tidak mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan dari 10 April – 15 April 2023, karena sedang menjalani kegiatan kuliah praktik di PT Maju Terus Indonesia selama 1 minggu.

Jika selama itu ada kegiatan perkuliahan, seperti kuis dan tugas, saya mohon izin untuk mengikuti kuis dan mengumpulkan tugas susulan kepada Bapak/Ibu.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat sesadar-sadarnya. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Melaini Paopao

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah 3

Jakarta, 15 April 2023

Yth. Ibu Dra. Ariesta Yasmine, M.Si.

di – Universitas Maranatha

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Nopara

NIM : 02010289

Program Studi : Teknik Industri

Fakultas : Teknik

Mengajukan izin untuk tidak dapat mengikuti mata kuliah Pengamatan gizi pada hari Sabtu, 14 April 2023, karena harus menghadiri acara pernikahan kakak kandung di Surabaya, Jawa Timur.

Mengingat pentingnya acara tersebut, maka saya mohon agar Ibu dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai tugas dan kuis yang mungkin akan diberikan, saya siap mengikuti dan mengumpulkannya pada Senin, 17 April 2023.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi. Atas izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nopara

Demikianlah contoh surat izin kuliah yang bisa dijadikan sebagai referensi. Jika kamu harus izin tidak masuk kuliah, pastikan kamu mampu mengejar materi perkuliahan dari teman-teman, yah.