Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru 2023

Universitas favorit sering jadi sasaran beberapa orang. Masalahnya Universitas terbaik akan sediakan tenaga pendidik kapabel dan transfer pengetahuan yang berkualitas. Akhirnya, beberapa perguruan tinggi semakin lebih mencolok dan terkenal karena bermacam prestasi dan kisah kapabilitasnya yang dapat dipercaya.

Adapun Webometrics sebagai mekanisme penilaian untuk perguruan tinggi di dunia. Ada 3 tanda yang dipakai, yaitu visibilitas, transparency, dan excellence dengan berat masing-masing.

Tentu saja, daftar Universitas di Indoenasia yang hendak diambil berdasar data dari Kementerian Penelitian Tehnologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di tahun 2019 ini (terkini). Ingin tahu PTN apa yang masuk 10 besar PTN terbaik di Indonesia? Yok, baca daftar berikut ini, 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versus kemenristekdikti:

10 Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru 2023
1. Institut Tehnologi Bandung
Dengan score 3.671 – cluster 1. Rangking Universitas terbaik di Indonesia digenggam ITB, kependekan dari Institut Tehnologi Bandung. PTN di Bandung ini pantas jadi institut terbaik di Indonesia yang beroperasi di sektor peningkatan tehnik dan sains. ITB dibangun semenjak tahun 1959 dan sanggup menjaga kualitas sebagai salah satunya yang terhitung daftar PTN terbaik di Indonesia.

Kependekan : ITB
Kota : Bandung, Jawa Barat
Dibangun : 2 Maret 1959

2. Universitas Gadjah Mada
Dengan score 3.594 – cluster 1. Posisi Universitas terbaik di Indonesia setelah itu Universitas Gajah Mada atau umum dipersingkat UGM. Universitas UGM berada di Yogyakarta dan telah dibangun semenjak tahun 1949. UGM memang stabil tempati posisi 1 daftar Universitas terbaik di Indonesia. Dengan statusnya sebagai PTN.

Kependekan : UGM
Kota : Sleman, Yogyakarta
Dibangun : 19 Desember 1949

3. Institut Pertanian Bogor
Dengan score 3.577 – cluster 1. Sama dengan ITB, Institut Pembangunan Bogor ialah perguruan tinggi berwujud institut yang ada di propinsi Jawa Barat, persisnya di kota Bogor. IPB lebih fokus di bagian pertanian, walau banyak pula jalur non-agragris. IPB stabil masuk ke daftar Universitas terbaik di Indonesia di rangking 10 besar.

Kependekan : IPB
Kota : Bogor, Jawa Barat
Dibangun : 1 September 1963

4. Institut Tehnologi Sepuluh Nopember
Dengan score 3.462 – cluster 1. Tidak komplet mengulas daftar rangking Universitas di Indonesia terkini tanpa masukkan Universitas di Surabaya. Kependekan dari ITS ialah Institut Tehnologi Sepuluh Nopember dan berada di wilayah Sukolilo, Surabaya. Pertama dibangun pada tahun 1957, ITS fokus untuk meningkatkan sektor tehnologi dan maritim Indonesia.

Kependekan : ITS
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Dibangun : 10 November 1957

5. Universitas Indonesia
Dengan score 3.401 – cluster 1. Selanjutnya dalam perincian perguruan tinggi terbaik di Indonesia ialah Universitas Indonesia atau UI. Tempatnya ada di perbatasn kota Depok dan Jakarta, tetapi kerap dipandang seperti Universitas di Jakarta. Universitas negeri di Jakarta ini pertama dibangun pada tahun 1849. UI sempat juga seringkali tempati rangking 1 daftar Universitas paling favorit di Indonesia dan terhitung salah satunya Universitas paling besar di Indonesia.

Kependekan : UI
Kota : Depok, Jawa Barat
Dibangun : 1849

6. Universitas Diponegoro
Dengan score 3.207 – cluster 1. UNDIP termasuk juga dalam posisi Universitas terbaik se Indonesia ini. UNDIP atau Universitas Diponegoro berada di kota Semarang, dan pantas dipandang seperti Universitas terbaik di Jawa tengah. Tempatnya yang lumayan strategis dan opsi jalur yang bervariatif membuat UNDIP menjadi salah satunya referensi tempat kuliah terbaik di Indonesia yang nikmat.

Kependekan : UNDIP
Kota : Semarang, Jawa tengah
Dibangun : 9 Januari 1957

7. Universitas Airlangga
Dengan score 3.056 – cluster 1. Satu kembali universitas negeri di Surabaya yang masuk 10 besar rangking perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apalagi jika bukan UNAIR. Universitas Airlangga atau UNAIR kemungkinan paling cocok bila dikatakan sebagai Universitas terbaik di Surabaya. UNAIR populer sebagai universitas yang mempunyai kredibililtas dan moralitas tinggi dan salah satunya Universitas terbaik di Jawa Timur.

Kependekan : UNAIR
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Dibangun : 10 November 1954

8. Universitas Hasanuddin
Dengan score 3.036 – cluster 1. Tidak ingin kalah dari yang di jawa, Universitas Hasanuddin, masuk pada daftar Universitas terbaik. Universitas Hasanuddin yang selanjutnya dipersingkat UNHAS, sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Kependekan : UNHAS
Kota : Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan
Dibangun : 10 September 1956

9. Universitas Brawijaya
Dengan score 2.948 – cluster 1. Tidak ingin ketinggal dari Universitas di surabaya, Universitas Brawijaya menjadi satu diantara Universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau UB dibangun pada tahun 1963 dan berada di kota Malang. Dahulunya kependekan Universitas ini ialah UNIBRAW, tetapi selanjutnya disederhanakan kembali jadi UB sampai sekarang ini.

Kependekan : UB
Kota : Malang, Jawa Timur
Dibangun : 5 Januari 1963

10. Universitas Padjadjaran
Dengan score 2.906 – cluster 1. Tidak ingin kalah dari tetangganya ITB, Universitas Padjadjaran atau yang kerap dikenali UNPAD jadi Universitas terbaik ke 10. UNPAD sebagai salah satunya perguruan tinggi negeri yang berada di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.