Daftar Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan kuliah kelompok Soshum yang paling banyak diminati calon mahasiswa. Baik di jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur seleksi mandiri.

Baca juga : Universitas Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Salah satu penyebabnya adalah kesadaran generasi muda terhadap kesehatan termasuk dunia psikologi terus meningkat seiring perkembangan zaman. Alasan lainnya adalah prospek karier yang menjanjikan.

Setelah lulus dari jenjang S1, mahasiswa psikologi dapat melanjutkan ke jenjang S2 profesi. Selanjutnya, mahasiswa tersebut dapat menjadi seorang psikolog dengan membuka praktik konsultasi mandiri.

Lulusan psikologi juga dibutuhkan banyak sektor. Misal di perusahaan negeri dan swasta, sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, hingga manufaktur. Saat ini, banyak perguruan tinggi di Indonesia punyajurusan psikologi.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi 

Penting sekali bagi kamu dan siapa saja yang memutuskan masuk kuliah di jurusan psikologi untuk mengetahui prospek kerjanya seperti apa. Sehingga sejak awal atau dari pertengahan masa kuliah bisa menentukan ingin menjadi apa setelah lulus.

Jurusan psikologi masuk ke dalam jajaran jurusan favorit di Indonesia dan dikenal punya prospek kerja cerah dan luas. Berikut beberapa prospek kerja jurusan psikologi tersebut:

1. Konselor 

Prospect kerja yang pertama ialah jadi konsultan, yaitu orang yang bekerja untuk memberikan konseling. Konsultan ini dapat menolong memberikan tuntunan dan sebelahan ke siapa pun yang punyai permasalahan. Baik permasalahan sosial, atau permasalahan yang lain.

Ada beberapa instansi yang buka posisi konsultan, misalkan di LSM yang menolong tangani permasalahan kenakalan pada remaja, anak, dan lain-lain. Disamping itu juga bisa bekerja di perusahaan konseling, misalkan memberikan konseling karier ke client yang memerlukan.

2. Human Resource Development (HRD)

Prospect kerja selanjutnya yang banyak diputuskan oleh alumnus dari jalur psikologi ialah jadi staff HRD (Human Resource Development). HRD mempunyai pekerjaan dasar menyortir pelamar di perusahaan, dan pilih yang terbaik disaksikan dari banyak faktor.

3. Guru Konseling 

Tertarik jadi guru? Alumnus jalur psikologi dapat memperdalam karier sebagai guru konseling. Dekat dikatakan sebagai guru BK (Tuntunan Konseling) di lingkungan sekolah. Di mana kerap tangani kenakalan pelajar di sekolah tempatnya bekerja.

4. Psikolog 

Alumnus S1 Psikologi dapat meneruskan ke tingkatan magister atau S2 Psikologi Medis untuk mendapatkan gelar psikiater. Hingga sesudah lulus dapat memperdalam karier sebagai psikiater.

Hingga bukan hanya jadi penguji atau pemberi ujian psikologi untuk calon pegawai sebuah perusahaan. Tetapi dapat memberikan tuntunan psikologi langsung ke pegawai.

Disamping itu dapat menekuni di rumah sakit dan menolong memberikan tuntunan psikologi untuk pasien yang alami penekanan psikis atau masalah mental.

5. Peneliti 

Lulus dari jalur psikologi dapat menjadi seorang peneliti, terutama buat kamu yang menyenangi dunia riset. Sepanjang kuliah S1 atau S2 ditanggung dekat dengan aktivitas riset, bila berasa tertarik dapat memperdalam karier yang dekat dengan aktivitas riset. Misalkan melamar kerja sebagai periset di LIPI.

6. Dosen Psikologi 

Ingin menjadi tenaga pendidik? Selain menjadi guru konseling, lulusan psikologi juga bisa menjadi dosen psikologi. Tentunya setelah menyelesaikan kuliah magister atau mendapat gelar S2.

7. Guru di Sekolah Kepribadian 

Sekolah kepribadian saat ini banyak diminati untuk membantu menata dan memperbaiki kepribadian diri sendiri maupun buah hati. Kamu setelah lulus juga bisa menjadi guru di sekolah kepribadian tersebut.

Nantinya akan memberi pembelajaran mengenai cara berpilaku yang baik di tempat umum, cara berpakaian yang sopan, cara berbicara, dan lain sebagainya. Sehingga lulusan dari sekolah kepribadian memiliki kepribadian yang baik dan mudah diterima masyarakat.

8. Research and Development (RnD) 

Lulus dari jurusan psikologi juga bisa mengisi posisi sebagai RnD atau Research and Development. Tugas utamanya adalah mengadakan penelitian dalammengembangkan produk sebuah perusahaan. Jurusan ini bisa masuk ke RnD karena punya ilmu dalam melakukan analisis perilaku penggunaan konsumen terhadap suatu produk.

9. Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

Setelah lulus kamu juga bisa menjadi terapis untuk anak berkebutuhan khusus. Sehingga bisa mengendalikan perilakunya dan menjadi pribadi yang lebih baik sekaligus berprestasi meskipun punya keterbatasan.

10. Konsultan SDM 

Kamu juga bisa menjadi konsultan SDM di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang management trainee. Sehingga bisa memberi konsultasi kepada karyawan perusahaan lain untuk menjadi lebih produktif, loyal, dan cerdas mengaplikasikan kemampuan kerja.

Namun, ada beberapa PT yang memiliki jurusan psikologi terbaik menurut lembaga pemeringkatan Internasional, Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2022. Informasi in bisa jadi pertimbangan buat kamu yang mau lanjut kuliah jurusan psikologi

1. Universitas Indonesia (UI)

Dari data THE WUR 2023, Universitas Indonesia menempati peringkat pertama di Indonesia dan dengan posisi 801-1000 di dunia.

Peringkat ini diperoleh setelah Jurusan Psikologi di Universitas ini memiliki skor 27.2-31.9 dari total penilaian yang telah dilakukan. Selain itu, Prodi Psikologi di Universitas Indonesia juga telah Terakreditasi A oleh BAN-PT.

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas asal Bandung ini menempati peringkat dua dengan total skor 22.4-27.1 dari berbagai kriteria penilaian oleh THE 2023.

Rangking internasional dari Jurusan Psikologi Universitas ini berada di urutan 1001-1200 dunia. Meskipun begitu Akreditasi Prodi Psikologi Universitas ini masih B yang ditetapkan oleh BAN-PT.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Ranking yang ditunjukkan oleh THE 2023, Jurusan Psikologi di Universitas ini menempati urutan ke 3 di bawah Universitas Indonesia dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Prodi ini juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Skor yang diberikan untuk Jurusan Psikologi Universitas Airlangga adalah 10.6-22.3 dari berbagai aspek penilaian.

4. Binus University

Selain telah Terakreditasi A oleh BAN-PT, Jurusan Psikologi di Binus University ini juga mendapat peringkat ke-4 dalam THE 2023. Sebenarnya perolehan skor Jurusan Psikologi Binus University sama dengan Universitas Airlangga yaitu 10.6-22.3 total.

Baca juga : Ini 4 PTN Favorit yang Memiliki Jurusan Psikologi Saintek

5. Universitas Brawijaya (UB)

Perguruan Tinggi berikutnya ini berada di posisi-5 versi THE 2023. Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya juga telah Terakreditasi B dari BAN-PT.

Skor yang diperoleh Jurusan ini dari THE juga sama dengan dua Universitas sebelumnya yaitu 10.6-22.3 yang membedakan adalah pengajaran, penelitian, hingga pandangan Internasional.

6. Universitas Diponegoro (Undip)

Dari data THE WUR 2023, Universitas Diponegoro menempati peringkat keenam di Indonesia dan dengan posisi 1.201+ di dunia.

7. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 1201+

8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat dunia: 1201+

9. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat dunia: 1201+

Itulah 9 universitas dengan Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023. Jurusan Psikologi ini bisa menjadi referensi kalian yang tertarik dan ingin meneruskan ke pendidikan tinggi Jurusan Psikologi.