Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR – Seperti beberapa tahun awalnya, World University Rangking (WUR) kembali melaunching daftar universitas terbaik. Dari daftar itu, apa universitas yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Di tahun ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat (AS) menjadi universitas terbaik di dunia versi QS WUR.

Selainnya MIT, ada pula beberapa universitas yang lain ada di urutan ke-3 paling atas seperti Cambridge University, Inggris dan Stanford University, AS. QS World University Rangkings tahun ini meliputi nyaris 1.500 lembaga dari penjuru dunia. Tidak cuma lembaga iconic yang tempati posisi paling atas. Namun rangking paling tinggi tahun ini mencakup Universitas dari bermacam lokasi di semua Eropa, Asia, sampai Amerika Utara.

Instansi penilaian yang lain adalah Times Higher Education. Lewat Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) 2023, Universitas-Universitas terbaik diurutkan merujuk ke tiga belas tanda yang digolongkan ke lima sektor.

1. Teaching (Lingkungan Belajar)

Point dari sektor teaching terbagi dalam tanda survey rekam jejak dengan berat 15%, rasio staff dibandingkan pelajar 4,5%, rasio gelar doktor banding sarjana 2,25%, rasio gelar doktor yang diberikan ke staff akademis 6%, penghasilan institusional 2,25%.

2. Research (Volume, Penghasilan, dan Rekam jejak)

Tanda dari sektor ke-2 terbagi dalam survey rekam jejak dengan berat 18%, research penghasilan 6%, dan keproduktifan asset 6%.

3. Sitasi (Dampak Penelitian)

Selanjutnya, di bagian ke-3 ada yang bernama sitasi (dampak penelitian) yang tandanya memiliki bobot 30%.

4. International Outlook (Staff, Mahasiswa, dan Penelitian)

Beberapa poin tanda sektor ke-4 ialah pembagian mahasiswa internasional memiliki bobot 2,5%, kerjasama internasional 2,5%, dan pembagian staff internasional 2,5%.

5. Industry Penghasilan (Transfer Pengetahuan)

Pada sektor ke-5 yakni industry penghasilan, beratnya capai 2,5% penilaian.

Lalu, Universitas mana yang terbaik di Indonesia berdasar penilaian THE WUR dan QS AUR 2023?

Pada tingkat Asia, terdaftar cuma ada empat universitas yang masuk ke barisan 100 besar. Ke-4 universitas itu salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Tehnologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Penilaian ini dibikin dari nyaris 1.500 lembaga pendidikan di penjuru dunia. Beberapa persyaratan yang dipakai dimulai dari rekam jejak akademis sampai jumlah pelajar internasional yang tercatat.

Daftar ini berisi penilaian Universitas-Universitas terbaik di setiap negara. Berikut sejumlah perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berada di DI Yogyakarta, UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini mempunyai score keseluruhnya 40,2.

Pada tingkat Asia, UGM ada di posisi 60 besar. Sementara di dunia, UGM berdiri pada posisi 231.

2. Institut Tehnologi Bandung (ITB)

ITB, salah satunya perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023. Perguruan tinggi yang berada di Bandung ini menjadi salah satunya universitas terbaik. ITB mempunyai nilai score keseluruhnya 39,5.

Sama dengan UGM, ITB masuk juga daftar 60 besar perguruan tinggi terbaik di Asia. Sementara pada tingkat dunia, ITB duduk di rangking 235.

3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) berada di Depok, Jawa Barat. Perguruan tinggi negeri (PTN) ini memperoleh nilai score keseluruhnya 38,7.

Sama dengan UGM dan ITB, UI masuk juga daftar 60 besar universitas terbaik di Asia. Sementara di dunia, UI duduk di rangking ke-248.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Berada di Surabaya, Jawa Timur, UNAIR mempunyai nilai score keseluruhnya 29,9.

Di Asia, universitas satu ini masuk daftar 100 besar. Sementara di dunia, UNAIR cukup berbangga secara ada di rangking ke-369.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTN yang ada di Bogor, Jawa Barat ini mempunyai nilai score keseluruhnya 26,2.

Di dunia, IPB duduk pada rangking ke-449.